Sayur Asam, Sayur Lezat Banyak Manfaat

Sayur asam merupakan jenis makanan yang mungkin menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Sayur asam, selain lezat ternyata juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Sayur Asam, Sayur Lezat Banyak Manfaat

Sayur asam merupakan makanan khas yang umumnya dijadikan konsumsi favorit bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Sayur asam, selain rasanya lezat, diyakini juga mempunyai manfaat kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya.

Pasalnya, banyak orang yang menggunakan asam tersebut untuk pengobatan konstipasi, gangguan liver, dan gangguan lambung lainnya. Selain itu, buah asam juga dianggap dapat menyembuhkan batuk dan demam. Beberapa wanita hamil menggunakan buah asam sebagai terapi untuk menghilangkan mual yang berkaitan dengan kehamilannya.

Pada dasarnya, buah asam memang memiliki fungsi terkait masalah kesehatan tersebut, misalnya untuk masalah konstipasi. Buah asam memiliki efek laksativa atau pencahar yang dapat melancarkan pencernaan Anda. Selain itu, buah asam ini juga memiliki efek antimikroba – seperti jamur dan bakteri.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa ekstrak asam memiliki manfaat untuk mengobati mata kering. Pasalnya, senyawa kimia yang dimiliki oleh buah asam serupa dengan cairan mucin yang ada di mata.

Selain itu, terdapat sebuah penelitian khusus pada penderita diabetes yang mengonsumsi produk olahan makanan yang berbahan dasar asam – sama seperti yang terkandung pada sayur asam. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa produk olahan makanan yang berbahan dasar asam tersebut dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes, sehingga dapat disimpulkan bahwa buah asam ataupun produk olahannya mampu membantu untuk mencegah penderita diabetes dari gejala hipoglikemia.

Walaupun memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan, sayur asam tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang ideal. Pasalnya, penggunaan obat aspirin dan konsumsi buah asam ataupun produk olahannya – seperti sayur asam – dapat meningkatkan penyerapan obat aspirin tersebut sehingga membuat meningkatnya kemungkinan efek samping obat.

Sayur asam memang sangat lezat dan bermanfaat bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya. Namun ingatlah, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

 

source

Iklan

Fakta Mengejutkan Saat Konsumsi Gula Dibatasi

Mengurangi konsumsi gula ternyata berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh Anda. Apa saja keuntungannya?

Fakta  Mengejutkan Saat Konsumsi Gula Dibatasi

Belakangan ini semakin marak kampanye yang mengajak Anda untuk membatasi jumlah gula yang dikonsumsi. Alasannya, karena terlalu banyak konsumsi gula dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Menurut Robert Lustig, MD, Profesor Pediatri di Divisi Endokrinologi University of California, San Francisco, banyak orang yang belum menyadari bahaya dari konsumsi gula berlebihan. Padahal ancamannya sangat nyata.

Lustig, seperti dikutip dari The Conversation, menyebutkan bahwa kalori yang berasal dari gula adalah yang terburuk. Oleh sebab itu, dia dan rekan-rekannya melakukan penelitian pada remaja terkait dampak dari konsumsi gula berlebih.

Penelitian itu dipublikasikan dalam sebuah jurnal tentang obesitas dan berlangsung selama 10 hari. Meski singkat, namun penelitian ini membuktikan bahwa dengan mengurangi konsumsi gula tambahan secara signifikan, dapat meningkatkan kondisi kesehatan seseorang.
Lalu apa yang akan terjadi jika Anda membatasi jumlah konsumsi gula?

  1. Lebih sehat 

    Dalam penelitian tersebut, Lustig melibatkan 43 remaja yang terjangkit obesitas dengan kondisi metabolik yang kronis, seperti hipertensi dan kolesterol jahat. Kemudian, para periset mengubah variasi makanan yang mereka konsumsi.

    Para peneliti menghilangkan jenis makanan kemasan yang banyak mengandung pemanis tambahan dengan jenis makanan yang lebih alami namun tetap memiliki kandungan gula, seperti buah-buahan.

    Lustig menjelaskan bahwa kadar gula dalam kedua pola makan tersebut sebenarnya sama, hanya saja saat anak-anak makan buah, tidak ada gula tambahan seperti yang terdapat dalam jus kemasan. Hasilnya terlihat sangat mencolok.

    Meski makanan yang dikonsumsi selama penelitian memiliki jumlah kalori yang sama dengan yang biasa dimakan para responden, nyatanya mereka menjadi lebih sehat. Kuncinya hanya dengan menghilangkan gula tambahan dari makanan dan minuman.

    Makanan yang tidak mengandung gula tambahan terbukti mampu memperbaiki hampir semua area kesehatan metabolik, seperti tekanan darah rendah, kolesterol LDL (kolesterol buruk), kadar gula darah, insulin, dan tes fungsi hati yang membaik.

  2. Mencegah Diabetes 

    Bukan rahasia lagi bahwa gula tambahan menjadi penyebab meningkatnya kadar gula dalam darah yang menyebabkan diabetes.

    Dengan mengurangi konsumsi gula, Anda akan mengurangi risiko diabetes dan bahkan dapat mencegah obesitas. Mengurangi gula juga cocok bagi Anda yang tengah dalam proses penurunan berat badan.

    Melalui penelitian yang dilakukan Lustig, para responden mengaku merasa lebih cepat kenyang selama menjalani diet rendah gula. Gula juga memiliki sifat yang membuat Anda kecanduan dan merasa tak pernah cukup atas apa yang telah dimakan. Hal itu tentunya dapat berbahaya dan memicu kadar gula Anda meningkat.

    Dalam sebuah penelitian tentang konsumsi gula di 175 negara, Lustig menemukan bahwa mengonsumsi 150 kalori gula tambahan 11 kali lebih mungkin berkontribusi dalam memicu diabetes tipe 2, dibandingkan dengan 150 kalori dari protein atau lemak.

  3. Ingatan Semakin kuat 

    Pada dasarnya, bahan bakar setiap sel dalam otak adalah gula. Otak Anda juga sangat menyukai kandungan gula, sehingga melihat gula sebagai “hadiah”. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa gula yang berlebih justru berbahaya bagi otak.

    Penelitian itu dilakukan pada hewan dan menyimpulkan bahwa terlalu banyak konsumsi gula dapat menghambat dan menurunkan kemampuan otak dalam mengingat. Seiring waktu, gula dapat merusak komunikasi di antara sel otak Anda.

Lalu, berapa banyak seharusnya takaran konsumsi gula?

Idealnya, konsumsi gula porsinya tidak lebih dari 6 sendok teh (100 kalori) setiap hari untuk wanita. Dan untuk pria maksimal 9 sendok teh (150 kalori) setiap harinya.

Nah, melihat fakta di atas, Anda sebaiknya mulai mengubah pola konsumsi gula. Bukan berarti harus seratus persen menjauhi gula, tapi batasi jumlahnya. Karena tak jarang beberapa jenis masakan yang Anda buat pun memiliki kandungan gula yang tersembunyi.

 

source

Kiat Membaca Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan

Berikut ini cara termudah membaca label informasi nilai gizi yang terdapat pada kemasan makanan.

Kiat Membaca Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan

Label informasi nilai gizi pada kemasan makanan memberikan penjelasan mengenai kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut. Hal ini membantu Anda dalam mengatur dan menentukan diet, agar selalu seimbang dan sehat.

Berikut ini adalah cara membaca label informasi nilai gizi pada kemasan makanan:

  1. Takaran saji
    Takaran saji menunjukkan jumlah yang biasanya dikonsumsi untuk satu kali makan. Untuk mengetahui takaran gizi yang masuk ke dalam tubuh, Anda perlu membandingkan jumlah sajian per kemasan dengan porsi yang Anda makan.
    Bila takaran saji adalah 1 gelas dan Anda mengonsumsi 2 gelas, maka Anda akan mendapat kalori, lemak, dan zat gizi lain dua kali lipat dari yang tertera.
  2. Jumlah energi total
    Lihat berapa banyak kalori di dalam satu takaran. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan Anda membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Gunakan persen AKG sebagai panduan
    Persen AKG (Angka Kecukupan Gizi) memperlihatkan kemampuan sebuah makanan dalam memberikan gizi pada diri Anda dalam satu hari.
    Rata-rata persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2.000 Kalori per hari. Kebutuhan kalori Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.
    Jika tertulis persen AKG lemak total adalah 12%, maka 1 takaran saji memenuhi 12% dari kebutuhan lemak total pada orang yang mengonsumsi 2000 Kalori per hari.
  4. Tinggi rendah persen AKG
    Kadar gizi dianggap rendah bila hanya 5% AKG atau kurang. Sedangkan, kadar zat gizi dianggap tinggi bila 20% AKG atau lebih.
    Sebaiknya Anda memilih makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan natrium, namun tinggi vitamin, mineral, dan serat.

Setelah mengetahui cara membaca label informasi gizi pada kemasan makanan, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Lemak jenuh, gula tambahan, dan natrium
    Konsumsi lemak jenuh, gula tambahan, dan natrium akan meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit kronik seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
    Pastikan Anda juga membatasi konsumsi gula tambahan/pemanis (tertera sebagai ‘Gula’) di bawah 10% AKG.
  • Vitamin, mineral, dan serat
    Konsumsi lebih banyak serat, kalium, vitamin D, kalsium, dan zat besi untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi risiko osteoporosis dan anemia. Pilihlah makanan yang mengandung persen AKG tinggi untuk zat-zat macam ini.
  • Komposisi makanan
    Makanan dengan lebih dari satu komposisi harus menyertakan daftar bahan dasar pada label kemasan. Urutan daftar komposisi tertulis berdasarkan bahan dasar yang paling berat ke paling ringan. Komposisi makanan biasanya tertera di bagian bawah tabel fakta nutrisi pada kemasan makanan.

Informasi ini sangat membantu mereka yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap makanan, membatasi konsumsi gula, atau memilih pola makan vegetarian.

Membaca tabel fakta nutrisi memang gampang-gampang susah. Cobalah untuk berlatih dan membiasakan diri membaca label informasi nilai gizi sebelum membeli makanan favorit Anda. Selain menambah pengetahuan, hal ini juga berperan dalam menjaga kesehatan Anda.

source

 

Makan Buah Bikin Anda Diabetes, Apanya yang Salah?

Tahukah Anda, salah makan buah dapat mengurangi kandungan yang terdapat dari buah tersebut.

5 Kesalahan Saat Makan Buah

Buah-buahan merupakan bagian dari pola makan sehari-hari yang memegang peranan penting untuk kesehatan. Akan tetapi, cara makan buah sendiri harus sesuai dengan anjuran yang ada dengan maksud untuk memaksimalkan manfaat dari buah-buahan tersebut.

Berikut 5 kesalahan yang kerap dilakukan seseorang saat mengonsumsi buah-buahan:

1. Makan buah dalam jumlah berlebih

Layaknya makanan pada umumnya, mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah berlebih juga tidak baik bagi tubuh. Buah yang manis secara umum memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Artinya, dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dalam tubuh. Untuk orang dewasa, jumlah konsumsi buah yang disarankan adalah sekitar 2 cangkir takar buah setiap harinya.

2. Melupakan kulit buah.

Untuk beberapa jenis buah, kulit merupakan bagian yang kaya antioksidan dan vitamin. Sebagai contoh, kulit buah apel kaya akan vitamin A, vitamin C, dan serat. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kulit buah dapat membantu menurunkan risiko obesitas dan kanker.

3. Mengonsumsi buah tanpa hidangan pendamping.

Makan buah sangat baik bila didampingi dengan makanan lain yang kaya akan protein. Contohnya, keju atau selai kacang.

Buah yang meningkatkan produksi hormon insulin diimbangi oleh protein yang meningkatkan produksi hormon glucagon. Keduanya bekerja sama untuk menstabilkan kadar gula darah.

4. Tidak mengonsumsi buah organik.

Walaupun harganya lebih mahal, para pakar mengatakan bahwa buah-buahan organik dapat meningkatkan nutrisi yang didapat oleh tubuh. Hal ini dikaitkan dengan tidak adanya pestisida yang digunakan dalam proses pertumbuhan buah-buahan tersebut.

5. Selalu menyajikan buah dalam bentuk jus.

Beberapa penelitian menemukan bahwa terkadang jus buah tidak mengandung serat sebanyak yang terdapat pada buah-buahan tersebut sendiri. Serat memiliki banyak fungsi yang baik bagi kesehatan.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan secara langsung. Akan tetapi, mengganti konsumsi buah-buahan Anda dengan jus sesekali tidak ada salahnya.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat makan buah bisa mendatangkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan tubuh.

 

source

Obat Asam Lambung Paling Efektif Ternyata Tidak Dijual di Apotek

Apakah Anda sering merasa nyeri pada ulu hati atau merasakan sensasi panas di dada? Jika iya, Anda mungkin memiliki penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Anda yang mengalami ini pasti pernah bertanya apakah, penyakit asam lambung bisa sembuh?

Pertanyaan ini muncul karena setelah meminum obat asam lambung Anda akan merasa membaik. Namun biasanya asam lambung akan kambuh lagi sewaktu-waktu. Apakah ada obat asam lambung yang dapat membuat GERD Anda sembuh? Simak ulasannya.

Bagaimana penyakit asam lambung terjadi?

Penyakit asam lambung atau GERD disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophagael sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung.

Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus. Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Biasanya Anda akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Anda juga akan merasakan sensasi panas di bagian dada atau nyeri ulu hati.

Apakah penyakit asam lambung bisa sembuh?

Asam lambung adalah penyakit yang disebabkan oleh LES yang tidak berfungsi. Tidak ada obat asam lambung yang dapat membuat LES berfungsi kembali. LES yang tidak berfungsi ini disebabkan karena LES sudah rusak dan tidak mungkin bisa ‘diperbaiki’. Meskipun begitu, gejala yang ditimbulkan dari asam lambung dapat diredakan.

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan.

Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk jangka panjang. Jika langkah-langkah pengobatan di atas masih belum berhasil mengatasi GERD, prosedur operasi kemungkinan akan dipertimbangkan dan disarankan oleh dokter. Prosedur operasi ini biasanya akan memulihkan fungsi LES, namun tidak bisa mengembalikannya secara normal.

Obat asam lambung yang paling ampuh

Lambung merupakan organ tubuh manusia yang fungsinya sangat vital yaitu sebagai salah satu sistem saluran pencernaan dalam tubuh yang bertugas mencerna makanan. Jangan khawatir jika Anda memiliki penyakit asam lambung, satu-satunya cara agar penyakit asam lambung Anda tidak kambuh dan datang kembali adalah dengan menjaga lambung Anda tetap sehat. Berikut tipsnya.

1. Pola makan yang teratur

Ketika Anda sibuk dari aktivitas Anda, usahakan tetap makan secara teratur. Makanan adalah sumber energi dalam tubuh, jika ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, secara otomatis lambung akan memprakan oduksi cairan asam lambung. Ketika tidak ada asupan makanan ke lambung maka menyebabkan asam lambung menghancurkan dinding lambung, dan mengakibatkan rasa perih pada lambung.

2. Hindari makanan pedas dan asam

Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai dapat melukai atau mengiritasi lambung. Sama halnya dengan makanan yang bersifat pedas lainnya seperti merica dan paprika. Makanan asam juga dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, sehingga bisa menyebabkan rasa perih.

3. Olahraga

Lemak menjadi salah satu masalah untuk perut. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan lambung, Anda harus menurunkan lemak di perut dan salah satu caranya adalah dengan melakukan olaharaga yang dapat membakar kalori.

Obat asam lambung yang paling ampuh untuk Anda adalah dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

 

source

5 Buah-Buahan yang Bisa Mengobati Maag Saat Kambuh

Penyakit maag dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda, yang paling utama adalah pola hidup dan makanan yang kurang sehat. Mungkin banyak Anda yang telah mengetahui obat maag apa saja yang ampuh, berdasarkan penyebab maag Anda. Tapi, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mengobati maag yang kambuh dengan cara makan buah? Buah apa saja yang bisa jadi obat maag? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai buah untuk mengobati maag

1. Kelapa

Air pada buah kelapa memiliki banyak mineral dan senyawa yang bersifat menenangkan sistem pencernaan dalam tubuh. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun dalam tubuh.

Air buah kelapa juga membantu mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan di lambung. Untuk penderita maag, baiknya konsumsi satu buah air kelapa setiap hari, dan lihat hasilnya dengan konsumsi rutin selama 2 minggu berturut-turut.

2. Buah pepaya

Salah satu hasil tumbuhan yang kaya serat ini, juga didapuk sebagai buah untuk mengobati maag. Buah pepaya memiliki kandungan yang baik untuk dicerna. Isi kandungannya antara lain vitamin B1, B2, vitamin A, dan vitamin C. Buah pepaya juga mengandung mineral seperti magnesium, besi, sulfur, dan kalium. Kandungan mineral tersebut akan melancarkan pencernaan Anda, termasuk meredakan maag.

Selain itu, manfaat pepaya juga baik untuk kulit, kesehatan rambut, tulang, dan sebagai penambah fungsi sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menghaluskan seperempat potong buah pepaya setiap harinya, bisa juga dengan menambahkan 2 sendok yoghurt tanpa campuran lain. Konsumsi sebelum makan siang dan makan malam, untuk meredakan sakit maag yang Anda derita.

3. Buah apel

Buah apel memang kaya nutrisi, dengan adanya kandungan pektin dan kombinasi glisin. Kedua kombinasi tersebut mengandung antasid dan menjadikan apel sebagai salah satu buah untuk mengobati maag. Apel mampu mengurangi rasa mual, mulas, dan mengurangi kandungan asam lambung yang berlebih pada pencernaan Anda.

Ingin meredakan maag yang Anda derita dengan hanya makan buah apel? Mudah, makan satu buah apel sebelum makan selama 3 hari sekali, dan jangan lupa untuk mencuci kulitnya agar bersih dari kandungan pestisida yang berbahaya jika sampai masuk dalam tubuh.

4. Buah pisang

Pisang adalah salah satu buah dengan tingkat serat yang tinggi. Selain itu, kandungan lemak dan proteinnya rendah. Buah pisang juga telah diakui sebagai sumber energi yang punya sedikit kandungan efek pencahar. Nah, perhatikan kalau akan mengonsumsi pisang untuk obat maag, baiknya pilih pisang yang sudah  matang, berwarna kuning terang. Konsumsi pisang sebagai menu sarapan sehat Anda untuk mengurangi gejala maag sehari-hari.

5. Buah peach atau persik

Buah manis ini punya kandungan baik untuk kesehatan tubuh, khususnya pencernaan. Buah peach, memiliki peran sebagai kandungan obat diuretik dan obat pencahar sekaligus. Selain itu, dalam buah peach, terdapat vitamin A, C dan E yang bisa mencegah kanker di dalam pencernaan Anda. Sedangkan kandungan mineralnya, seperti kalium, fosfor, dan magnesium, berperan sebagai pelindung sistem kekebalan tubuh yang baik.

Dengan teksturnya yang lembut dan mudah dicerna, buah peach, ini dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan bagi Anda yang menderita sakit maag. Anda bisa membuat obat maag alami yang terbuat dari air rebusan daun peach  dan pastinya dengan daging buah peach. Minum setiap hari, sebanyak 2-3 cangkir per hari.

 

 

source

SPACE SUITS

photo6115945413195442104

Mengapa doa kita belum dikabulkan oleh Allah? Nah, ini pertanyaan yang seringkali terlontar dari benak kita karena masalah yang dihadapi tidak kunjung selesai. Padahal, sudah berdoa tapi kok rasanya doa tidak ada manfaatnya?

Jawabannya? Sederhana saja. Doa pasti bermanfaat. Walaupun masalah yang sama tetap bergelayut dalam hidup kita setiap hari, tetapi dengan sebab doa maka kita merasa ringan pada masalah tersebut.

Jadi tidak selamanya doa kita lantas melenyapkan masalah secara simsalabim. Nabi Ayyub saja berdoa kepada Allah, baru tujuh tahun kemudian Allah mengangkat penyakitnya. Selama itu apakah doa Nabi Ayyub tidak bermanfaat?

Tentu saja tetap bermanfaat, karena ketika masalah kita pindahkan dari pikiran kita kepada Allah, maka bebannya jauh lebih ringan.

Masalah tetap ada. Masalah tetap hal yang sama. Lalu bagaimana bisa menjadi ringan? Cara paling mudah untuk membayangkannya adalah dengan mengetahui fakta tentang baju antariksa para astronot, yang biasa disebut sebagai space suits.

Tahukah saudara baju antariksa ini beratnya mencapai 80 kg! Dengan bobot seberat ini, saudara pasti setuju bahwa baju ini adalah salah satu masalah bagi astronot.

Tetapi, anehnya begitu mereka sudah berada di luar angkasa, baju ini lantas menjadi ringan, terkadang mereka bahkan melayang-layang karena ringannya.

Inilah contoh paling nyata untuk menggambarkan bahwa masalahnya tetap ada, tetap menempel di tubuh mereka, tetapi karena masalah itu kita pindahkan dari bumi ke luar angkasa, maka bebannya jauh lebih ringan.

Jadi pindahkan masalah kita kepada Allah sekarang juga. Yaitu dengan berdoa. Yakinlah bahwa tidak ada doa yang tidak bermanfaat.

Salam Hijrah.
Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

source