5 Fakta Mengejutkan soal Nomor Telepon

Pertama Sedunia, Negara Ini Punya Nomor Telepon Sendiri

Bagi beberapa orang, angka tidak punya makna apa pun. Namun bagi sebagian orang, angka dipercaya membawa keberuntungan dan makna tersendiri.

Tidak heran, ada orang yang berlomba-lomba ingin memiliki nomor cantik. Mulai dari alasan mudah diingat, prestis, sampai membawa keberuntungan. Meski tren nomor cantik tidak seheboh dulu, tetap saja ada peminatnya.

Namun, nomor telepon tidak melulu soal angka cantik. Berikut lima fakta mengejutkan seputar nomor telepon.

1. Awal Nomor Telepon Ditemukan

Pada zaman dulu, kita harus menghubungi operator telepon dan menyebut nama orang yang ingin kita hubungi. Tahun 1879, sistem ini dikritik Dr Moses Greeley Parker, sahabat Alexander Graham Bell.

Saat itu, penduduk di kota setempat terjangkit campak. Proses menelepon dokter menjadi lama karena harus melalui operator. Mulai sejak itu, ditemukanlah sistem menelepon dengan nomor dan bukan nama.

2. Nomor Ponsel Termahal

Saat ini nomor telepon termahal adalah +971-50-7777777. Nomor ini dibeli oleh seorang pengguna layanan Etisalat, operator seluler di Uni Emirat Arab.

Demi nomor itu, ia menebusnya dengan harga US$ 21,1 juta atau sekitar Rp 281 miliar. Angka yang fantastis, bukan?

(lebih…)

Iklan

Donor Darah Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Tak sedikit orang yang enggan donor darah karena dianggap bikin gemuk. Apa betul demikian?

Donor Darah Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Selain karena takut jarum, ternyata banyak juga yang tak mau donor darah dengan alasan takut gemuk.

Padahal selain berguna bagi sesama yang membutuhkan, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan Anda sendiri. Donor darah telah terbukti dapat menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit jantung. Kegiatan mulia ini juga mampu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa donor darah mampu membakar kalori setara dengan olahraga selama 1 jam.

Fakta lain menyatakan bahwa setiap Anda mendonorkan darah sebanyak 540 ml, tubuh otomatis membakar kalori sebanyak 650 kalori.

Meski demikian, menurut para ahli donor darah tidak boleh dilakukan terlalu sering. Donor darah hanya boleh dilakukan 3–4 kali setahun dengan interval minimal 3 bulan.

Selain itu, Anda tidak boleh memaksakan diri untuk berdonor jika kondisi tubuh sedang tidak fit.

Nah, walau donor darah merupakan perbuatan mulia, Anda tetap harus melakukannya sesuai dengan anjuran dokter.

Manfaat menurunkan berat badan dapat Anda anggap sebagai berkah karena menolong orang lain. Jika mau kurus, Anda tetap harus mengimbanginya dengan olahraga teratur dan pola makan sehat.

 

source

8 Cara Ini Efektif untuk Meredam Emosi

Emosi yang memuncak kerap menimbulkan berbagai masalah. Bagaimana mengatasinya?

8 Cara Ini Efektif untuk Meredam Emosi

Secara tak sadar emosi kerap dilontarkan sebagai pelampiasan kemarahan hati. Namun, kemarahan yang tidak terkontrol, ternyata bisa membahayakan kesehatan dan hubungan Anda dengan orang lain karena biasanyakan menimbulkan perselisihan.

Karena itu, sebelum semuanya terjadi, lakukan 8 cara ini agar emosi Anda dapat terkontrol dengan baik:

  1. Berpikir sebelum berbicara
    Saat panas terik menyerang, biasanya seseorang cenderung lebih mudah emosi. Luangkan waktu sejenak untuk mengumpulkan pemikiran Anda sebelum mengatakan sesuatu. Jangan sampai Anda mengungkapkan sesuatu yang nantinya akan Anda sesali.
  2. Setelah tenang, ungkapkan kemarahan Anda
    Begitu Anda dapat berpikir dengan jelas, ungkapkan rasa marah Anda dengan cara yang tegas tapi tidak konfrontatif. Nyatakan keprihatinan Anda dengan jelas dan langsung tanpa menyakiti orang lain.
  3. Lakukan latihan
    Aktivitas fisik bisa membantu mengurangi stres yang membuat Anda cepat marah. Jika suatu saat kemarahan Anda meningkat, berlarilah atau luangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan.
  4. Istirahat sejenak
    Saat stres meningkat, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Jika kondisi sudah tenang, Anda akan merasa lebih siap menghadapi semua persoalan tanpa merasa jengkel atau marah.
  5. Identifikasi solusi
    Alih-alih fokus pada apa yang membuat Anda marah, cobalah untuk menyelesaikan masalah yang ada. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tidak akan pernah memperbaiki kondisi justru akan memperburuk keadaan.
  6. Jangan menyimpan dendam
    Pengampunan adalah alat yang ampuh. Jika Anda membiarkan kemarahan dan perasaan negatif mengacaukan perasaan positif, Anda akan ‘ditelan’ oleh kepahitan atau rasa ketidakadilan Anda sendiri.
  7. Menggunakan humor
    Gunakan humor untuk membantu menghadapi apa yang membuat Anda marah atau harapan yang tidak realistis. Hal ini dipercaya dapat membantu meredakan ketegangan. Hindari sarkasme karena bisa menyakiti dan memperburuk keadaan.
  8. Berlatih relaksasi
    Bila rasa amarah Anda menyala, latihlah keterampilan relaksasi untuk bekerja. Caranya, berlatihlah mengatur pernapasan, bayangkan pemandangan yang santai atau ulangi kata-kata yang menenangkan. Selain itu, Anda juga bisa berlatih relaksasi dengan mendengarkan musik, menulis atau melakukan yoga.

Berpikir positif akan segala hal merupakan kunci agar Anda terhindar dari emosi. Hal yang tak kalah penting adalah jangan mudah terprovokasi dengan masalah yang belum jelas kebenarannya.

source

Makan Cepat atau Makan Perlahan: Mana yang Lebih Sehat?

Makan adalah salah satu aktivitas yang paling menyenangkan. Namun seiring dengan padatnya aktivitas yang harus dijalankan, seringkali makan dilakukan dengan terburu-buru karena yang terpenting adalah perut terisi. Padahal, dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, memperhatikan pola dan cara makan sama pentingnya dengan pemilihan menu yang akan Anda konsumsi.

Tentunya, setiap orang memiliki cara yang berbeda saat makan, ada yang makan dengan perlahan, ada juga yang makan dengan cepat. Namun, apakah ada cara yang lebih baik di antara keduanya?

Mana cara makan yang bikin cepat kenyang?

Pernahkah Anda bertanya mengapa Anda dapat merasakan kenyang setelah makan? Faktanya, perasaan kenyang merupakan respon yang muncul karena lambung telah terisi penuh dengan makanan. Secara khusus, saat Anda makan, sinyal hormonal dilepaskan sebagai respon masuknya makanan ke dalam usus kecil. Sinyal hormonal tersebut di antaranya adalah hormon cholecystokinin (CCK) yang dikeluarkan usus sebagai respon terhadap makanan yang Anda konsumsi, dan hormon leptin yang dapat membuat Anda merasakan kenyang.

Sebuah studi menemukan bahwa hormon leptin dapat menguatkan sinyal hormon CCK untuk meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, studi lainnya juga menemukan bahwa hormon leptin dapat berinteraksi dengan dopamin neurotransmitter di otak untuk menimbulkan perasaan senang setelah makan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sering kali Anda dianjurkan untuk makan dengan perlahan. Karena, makan terlalu cepat dapat membuat sistem tersebut tidak memiliki waktu yang cukup untuk bekerja secara optimal, terutama dalam memberikan respon perasaan senang dan kenyang setelah Anda makan.

Lebih sehat makan cepat atau makan pelan-pelan?

Beberapa studi telah menemukan bukti bahwa makan dengan perlahan memberikan beberapa keuntungan. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietics menemukan bahwa Anda akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori ketika makan dengan perlahan. Akibatnya, makan dengan perlahan dapat mnegendalikan berat badan yang dapat mencegah terjadinya obesitas.

Studi yang dilakukan di Jepang juga telah menemukan adanya hubungan positif yang kuat antara kecepatan makan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan obesitas. Studi lain yang juga diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietics menemukan bahwa meningkatkan jumlah kunyahan sebelum menelan makanan dapat mengurangi konsumsi makanan yang berlebih pada orang dewasa. Bahkan, studi tersebut juga menemukan bahwa orang dengan berat badan normal cenderung mengunyah makanan lebih lambat dibandingkan dengan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Keuntungan makan pelan dibandingkan makan cepat

Beberapa studi tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa makan dengan perlahan dapat memberikan beberapa keuntungan terhadap kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa keuntungan lainnya yang Anda dapatkan jika makan dengan perlahan:

1. Mengurangi stres

Makan dengan perlahan memungkinkan Anda menikmati makanan yang Anda konsumsi, sehingga memungkinkan timbulnya perasaan senang setelah Anda makan dengan kenyang.

2. Mencegah kenaikan berat badan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa makan dengan perlahan dapat mengoptimalkan sistem respon tubuh terhadap makanan berupa timbulnya perasaan “kenyang” setelah makan. Sehingga, hal tersebut dapat mencegah Anda untuk ngemil terlalu sering, yang sering kali menjadi penyebab naiknya berat badan.

3. Mengoptimalkan proses pencernaan

Ketika Anda makan, makanan yang Anda konsumsi tersebut akan bercampur dengan air liur didalam mulut yang kemudian akan dipecah menjadi bahan kimia yang lebih kecil agar dapat diserap sebagai nutrisi oleh tubuh Anda. Tentunya, makan dengan perlahan akan membuat makanan Anda terpecah menjadi lebih halus sehingga dapat mengefisienkan metabolisme makanan dalam tubuh, karena makanan yang tidak terpecah secara halus dapat menyulitkan tubuh untuk menyerap semua vitamin, mineral, dan asam amino yang penting untuk tubuh.

4. Resistensi insulin

Studi di Jepang menemukan bahwa makan dengan cepat berkaitan dengan terjadinya resistensi insulin, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes, penyakit jantung, dan sindrom metabolik.

5. Mencegah terjadinya refluks asam lambung

Sebuah studi menemukan bahwa makan dengan cepat dapat menyebabkan terjadinya refluks asam lambung, terutama jika Anda mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

 

source

Apa Benar Minum Vitamin C Bisa Memicu Asam Lambung?

Nama lain vitamin C adalah asam askorbat, sehingga mungkin dapat meningkatkan asam lambung Anda yang juga bersifat asam. Namun, apakah benar setiap Anda minum atau makan yang mengandung vitamin C dapat langsung membuat asam lambung naik?

Apa itu vitamin C?

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri, sehingga Anda harus memeroleh vitamin C dari luar tubuh, seperti dari makanan, minuman, maupun suplemen. Anda butuh vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Apakah vitamin C membuat asam lambung naik?

Bagi orang yang tidak punya masalah dengan asam lambung, konsumsi vitamin C dalam jumlah besar mungkin tidak akan menyebabkan masalah apapun. Tubuh sudah mempunyai sistem sendiri yang mengatur keseimbangan asam.

Namun, berbeda bagi orang yang mempunyai lambung sensitif atau mempunyai masalah asam lambung, Biasanya makanan yang mengandung vitamin C dengan asam tinggi, seperti jeruk dan tomat, sering dikaitkan dengan asam lambung naik.

Hal ini juga sejalan dengan yang direkomendasikan oleh American College of Gastroenterology bahwa orang dengan refluks asam sebaiknya menghindari makanan tertentu yang memperburuk gejalanya.

Sumber vitamin C apa yang harus dihindari kalau saya punya masalah asam lambung?

Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua makanan asam dan mengandung vitamin C langsung menyebabkan asam lambung Anda naik. Jika Anda mempunyai masalah asam lambung, bukan berarti Anda perlu menghindari semua buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Jika Anda merasa asam lambung menjadi naik setelah makan makanan yang mengandung vitamin C, bisa jadi memang Anda harus hindari makanan tersebut. Biasanya yang harus Anda hindari adalah yang mempunyai rasa paling asam, seperti jeruk, lemon, limau, dan tomat.

Sedangkan, buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah yang masih bisa Anda konsumsi adalah semangka, melon, pepaya, mangga, pisang, alpukat, paprika, brokoli, kangkung, dan kembang kol. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda yang mempunyai masalah lambung untuk tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Banyak makanan yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah.

Anda yang mempunyai masalah lambung juga sebaiknya menghindari suplemen vitamin C dosis tinggi. Dosis vitamin C yang besar di lambung dapat membuat lambung menjadi lebih asam dan menyebabkan heartburn (nyeri ulu hati) atau gejala lainnya.

Seberapa banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh?

Dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen, sebenarnya tubuh hanya memerlukan vitamin C dalam jumlah sedikit. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, wanita dewasa hanya memerlukan vitamin C sebesar 75 mg dan pria dewasa memerlukan vitamin C sebesar 90 mg. Bandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen yang biasanya lebih dari 1000 mg.

Padahal, kelebihan asupan vitamin C tersebut nantinya akan dibuang oleh tubuh. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang akan dikeluarkan oleh tubuh jika berlebihan dan tidak bisa disimpan dalam tubuh. Sehingga, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin C ini setiap hari. Bagi Anda yang mempunyai masalah lambung, Anda bisa memperoleh vitamin C dari makanan yang mengandung asam rendah.

 

source

Rentan Idap Diabetes, Pekerja Kantoran Diimbau Banyak Gerak

Pekerja Kantoran Rentan Diabetes

Diabetes  melitus (DM) tak lagi menghampiri orang-orang lanjut usia, tapi juga dewasa muda khususnya pekerja kantoran.

Ahli Penyakit Dalam dan Endrokin, Dr. dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD mengatakan, lingkungan dan pekerjaan kini menjadi pendukung terjadinya diabetes pada orang-orang muda.

“Dalam seminggu saya selalu punya dua sampai tiga pasien usia 20-an dengan gula darah tinggi,” katanya dalam acara Diskusi Media AstraZeneca: Studi Tentang Komplikasi Penyakit Kardiovascular (CVD) pada Pasien Diabetes atau DM Tipe-2, di kawasan Menteng, Kamis (27/4/2017).

Para pekerja kantoran yang jarang bergerak dan lebih banyak duduk misalnya, memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes daripada yang bekerja di lapangan.

“Saat pergi ke kantor naik mobil (duduk 2 jam). Di kantor masih duduk lagi empat jam. Jalan kaki sebentar saat makan, lalu duduk lagi selama enam jam. Saat pulang ke rumah, di jalan duduk lagi dua jam di mobil. Kalau tiap hari begitu, diabetes bakal menyerang,”kata Roy.

Ketika seseorang banyak makan, tapi kurang bergerak maka produksi gula darah makin tinggi sehingga berpotensi mengidap diabetes. Roy pun menyarankan agar masyarakat rutin berolahraga dan memperbanyak gerak fisik untuk mencegah diabetes.

source

5 Tips Ini Bikin Foto Bidikan iPhone Makin Kece

Tips iOS

Pemilik iPhone sering menggunakan perangkat mereka untuk mengambil foto. Meski hanya menggunakan smartphone, banyak foto indah yang berhasil diabadikan.

Semua orang memang bisa menggunakan smartphone dan mengambil foto, tapi juga dibutuhkan keterampilan fotografi untuk membuat hasil yang bagus.

Menghasilkan foto yang bagus dengan iPhone sebenarnya tidak terlalu susah, selama bisa mengikuti beberapa petunjuk penting soal fokus, exposure, komposisi dan pengeditan foto.

Nah jika Anda ingin menghasilkan foto yang kece (cantik) dari iPhone, ada lima teknik penting yang harus diketahui. Berikut lima tips tersebut, seperti dikutip dari iPhone Photography School, Rabu (9/8/2017):

1. Bersihkan Lensa dan Fokus

Karena iPhone sering digunakan dan diletakkan termasuk di genggaman tangan atau dalam tas, tak jarang perangkat tersebut cepat kotor. Kotoran, debu, minyak, sidik jari pada lensa memiliki dampak besar pada hasil foto.

Percuma saja jika kaca lensa kotor karena cahaya tidak bisa masuk ke sensor kamera, sehingga akan ada obyek seperti noda dalam hasil foto. Lensa yang bersih akan membuat Anda mendapatkan hasil yang tajam dan jernih.

Karena itu, Anda harus membersihkan lensa terlebih dahulu sebelum membidik objek. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, karena jika tidak maka akan ada goresan di kaca lensa.

(lebih…)