Tips Mengajarkan Hafalan Quran Pada Anak Dengan Cara Yang Mereka Suka

Memiliki anak seorang hafidz Quran tentu menjadi kebanggaan bagi semua orang tua. Namun untuk mendidik anak yang bisa menghafal Quran tidaklah mudah. Karena kita haruslah paham betul karakteristik sang anak.
Seperti baru-baru ini ada anak kecil yang secara tidak sengaja di temukan oleh orang di pasar, sekilas anak ini seperti anak yang biasa saja dia tidak sedikitpun terlihat seperti anak-anak yang sekolah dari pesantren, namun ternyata anak kecil ini hapal surat Ar rahman secara jelas baik lafadz maupun tajwid nya bahkan ia tidak sedikitpun canggung dan kikuk, apalagi ia membawakan surat Ar rahman tersebut dengan merduu sekali, kamipun menangis melihatnya… subhanallah ingin rasanya memeluk anak ini.
Tidak sedikit anak-anak yang menjadi pelaku kejahatan bahkan cenderung kasar karena banyak orang tua yang tidak membiasakan anaknya untuk mendengar atau membaca Al-Quran sebagai pedoman tuntunan hidup.

Surat Ar-Rahman yang ia bacakan persis seperti yang di download dari aplikasi android ini

Ternyata melalui aplikasi android surat ar rahman ini banyak anak-anak yang bisa meniru dan menghapal melalui aplikasi ini karena di dengarkan dan dihapal secar aberulang ulang.
Dan kita sebagai orangtua harus memiliki berbagai ide kreatif agar dalam menghafalnyanya sang anak tidaklah jenuh, cara apa saja boleh, namun tetaplah harus mengikuti norma-norma yang baik dalam menghafal al-quran. Ada cara yang mungkin bisa para orangtua coba lakukan agar Anak Bisa Menghafal Quran Dengan Cara Yang Mereka Suka, apa saja? Simak tipsnya berikut:
  • Diulang-ulang minimal sepuluh kali, direnungkan dan dibayangkan tulisannya. Tidak perlu dihafal, cukup baca dan dengar 40 kali. Setelah mendapat 5 ayat, atau 5 baris, diiulang lagi 40 kali. Ulangi 5 ayat atau 5 baris berikutnya. Setelah mendapat satu halaman, yakni 5 baris lalu ulangi 40 kali lagi.
  • Dipotong-potong dengan memakai alat peraga atau jari tangan. Buat ilustrasi dalam karton besar dengan gambar yang relevan dan menarik sehingga membuat sang anak bersemangat.
  • Menghafal memakai tulisan sehingga tergabung antara tulisan dan hafalannya.
  • Membuat klasifikasi hafalan, level 1, 2, dan seterusnya. Hal ini dilakukan untuk memotivasi si anak untuk mencapai level yang lebih tinggi.
  • Wajib muroja’ah. Ulang-ulang terus hafalannya setiap hari jangan samapai ada yang terlewat.
  • Praktekan hafalannya dengan cara membaca surat yang sudah dihafal ketika salat wajib maupun sunnah.
Yang paling penting ketika mengajarkan anak menghafal Quran adalah kesabaran dan konsisten, jangan ada unsur paksaan dan memaksa karena usia anak-anak adalah masa keemasan dan juga masa-masa bermain, untuk itu orang tua harus kreatif, sabar dan konsisten dalam mengajar dan membimbing si anak.
Terkadang sang anak lebih cepat meniru atau mengikuti kebiasaan orang tua, nah kita sebagai orangtua harus paham betul dengan hal ini. Kita bisa mengambil langkah dengan berupaya ikut menghafal juga dengan ini sang anak akan merasa bahwa orangtua merekapun menghafal juga , walaupun kita sudah hafal namun tidak ada salahnya kita belajar menghafal bersama anak. Dengan itu kita akan semakin memperlancar lagi hafalan kita, dan sang anak akan lebih bersemangat lagi dalam menghafalnya. Nah akan lebih asyik bukan?

Semoga Anak-anak kita menjadi anak-anak yang pandai bukan hanya pandai dalam pelajaran sekolah tetapi pandai juga menghafal al-quran nya. Menjadi anak yang santun, patuh juga selalu mencintai Allah SWT, Aamiin Allahumma Aamiin
Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].
BAGIKAN atau Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Masyaallah, Inilah Manfaat Mempelajari Asmaul Husna

Sebuah tausiyah dari ustdz.Yusuf Mansur:

Dalam hidup kita sering membicarakan orang, misal sepasang suami istri sedang bercerita

“Pah, si adek hebat kena renking 1 kemaren dikelasnya”

“Iya hebat, papah kan pinter, pasti turunlah ke anaknya”

Kenapa ga nyebut yang Penciptanya? Kenapa ga sekalian nyebut Lillaahi Asmaul Husna, fad’uu bihaa. Allah punya nama-nama yang baik, sebut aja nama Allah sekalian. Ibarat kata, saat butuh duit, tanggung-tanggung amat datang ke rumah orang kaya. Datang aja ke Yang Maha Kaya dan Yang Mengayakan.

Saya cinta sama Asmaul Husna. Luar biasa asmaul husna ini. Kecintaan saya terhadap asmaul husna datang dari beberapa pintu. Pintu-pintunya adalah?

Pintu pertama adalah ketika ibu saya almarhumah, Hj. Humrif’ah, manggil saya, ngedudukin saya. Terus beliau bilang, “Kenapa nggak manggil Allah? Kenapa nggak datengin Allah? Kenapa nggak nyebut Allah?” Ibu saya lalu menuliskan untuk saya ….

Ya Fattah, Ya Razzaq…
Hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashiir.
Laa haula wa laa quwwata ila billahil ‘aliyil ‘azhiim…

Beliau yang nulisin sendiri, pake tangannya sendiri.Sayang kertasnya itu sudah tidak ada. Tapi alhamdulillah, kertas itu ada fish shuduur, di dalam hati saya sehingga lebih awet InsyaaAllah. Sekarang, “kertas” itu saya taro di hati jamaah.

Keren banget Ya Fattah Ya Razzaq itu. Wahai Yang Maha Pembuka, membuka apa saja, membuka rizki, membuka pikiran orang, buka jodoh, buka kesempatan, buka usaha, buka langitnya, buka buminya, buka macem-macem, buka ampunan.

Asmaul husna itu ngaruh banget banget buat kehidupan kita, terlebih buat yang mau ada perubahan dalam hidupnya. Gimana ngaruhnya? Ya Razzaq berarti ‘Yang Maha Pemberi Rizqi, Ya Rizqi apa aja. Ketika kita membaca Asmaul Husna, peran pikiran, peran otak itu menjadi ngaruh. Bagi yang belum punya anak, ketika menyebut Ya Razzaaq, mikirnya itu rizqi anak. Ketika anak bandel, Yaa Razzaq juga tetap bisa “berlaku” karena biar bagaimana pun, anak adalah rizki.

Asmaul husna untuk mukmin yang lemah adalah Yaa Qawiyyu. Untuk mukmin yang fakir, ada Yaa Mughnii. Untuk mukmin yang maridh, yang sakit, ada Yaa Syaafii, Yang Maha Menyembuhkan. Jadi ada semua. Untuk yang jelek ada ga? Ya sudahlah. Ya Mushawwir, Yaa Khaaliq ada semua.

Kalau kita rasanya masih punya sifat kurang sabar, ada Yaa Shabuur. Kurang ada belas kasihnya, Yaa Rahman, Yaa Rahiim.  Allah mempunyai 99 nama yang membentang. Ada nama-nama lain yang di luar kesepakatan ulama. Haditsnya ada 99 nama. Itu kecintaan saya yang pertama. Saya begitu dikasih tahu ibu saya “ilmu” asmaul husna ini langsung semacam deg. Iya juga ya rasain sendiri deh, niat karena Allah, insyaallah

Nah, pintu kedua berikut ini semakin membuat saya terpesona terhadap Asmaul Husna. Pintu kedua yang membuat saya terpesona dengan asmaul husna adalah ayat pertama dalam Al-Quran. Pada ayat pertama dalam Al-Quran, Allah langsung menyebut dengan Lafdzul Dzalaalah disertai dengan dua asmaul husna, yaitu Bismillahirrahmanirrahiim. Jadi, Al Quran secara utuh diawali dengan Bismillah, dengan nama Allah.

Lalu Allah langsung memperkenalkan siapa diri-Nya. Man? Siapa Allah? Allah memperkenalkan diri-Nya dengan Asmaul Husna, yaitu Ar-Rahman dan Ar Rahiim, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ar Rahmaan mempunyai kedudukan istimewa buat saya. Kenapa? Dia disebut duluan. Dia dipakai duluan ketimbang Ar-Rahiim. Ga kebalik kan? Ga bismillahirrahiimi rahmaan. Karena datang duluan, itu istimewa.

Dan untuk menunjukkan kedua Asmaul Husna itu, Allah menempatkan Ar Rahman dan Ar Rahiim di enam ayat. Jadi ada enam tempat, bukan hanya bismillahirrahmanirrahiim. Coba sebutin ayatnya. Enam itu, apa aja? Ada yang tahu?

Arrahmanirrahiim, ada dua di Al Fatihah. Terus?

Wa ilaahukum ilaahu wahid. Laa ilaaha illar rahmanurrahiim. Terus mana lagi?

Wallahulladzii laa ilaaha illa huwa ‘aalimul ghaibi wasy syahaadati huwarrahmnurrahiim. Ayo dua lagi?

Yang empat udah dikasih tahu kan? Nah, yang dua lagi PR ya. Dibuka Qurannya, dicari …

Luar biasa ya? Allah meletakkan ayat pertama-Nya bukan tentang dunia-Nya. Kan banyak tuh ayat-ayat istimewa misalkan Q.S. Al-Baqarah:164. Tapi ayat ini nggak diletakkan di ayat pertama. Ayat tentang Isra’ Mi’raj ditaruhnya di surat ke-17. Padahal, ayat ini adalah ayat yang super, subhanalladzi asraa.

Kalo ingin membuktikan bahwa Al-Qur’an itu mukjizat, kenapa ga itu yang ditaro? Itu berarti Asmaul Husna adalah amat luar biasa. Dan hampir tiap halaman Al-Quran ada Asmaul Husna. Coba aja iseng. Arrahman, Arrahiim, Ghafuura, Syadidul ‘adzab, Syadidul ‘iqaab, Dzun tiqaam, Dzurrahman, Matiin, Kariim. Berarti itu kan istimewa. Masyaallah

Kalo istimewa, kenapa kita ga mencurahkan sedikit energi kita untuk mempelajari? Ayo marilah kita sama-sama mempelajari Asmaul Husna, banyak manfaatnya buat kita. Semoga Allah SWT, melindungi kita semua. Aamiin

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Like dan Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Sumber

MASYA ALLAH !! Inilah Ternyata Keutamaan Surat Ar Rahman Yang Membuat Kami Menangis

Masihkah kita merasa hidup susah? atau merasa kurang beruntung dalam segala hal? berarti kita termasuk orang-orang yang kurang bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita, dengan masih bisa bernapas saja sudah nikmat luar biasa, bayangkan dengan orang-orang yang sakit mereka harus bayar sekian ratus ribu hanya untuk membeli oksigen. Kita di beri keluasan dan hamparan rejeki oleh Allah SWT seharusnya malu dengan sikap kurang bersyukur itu.

Seperti beberapa lalu secara tidak sengaja ditemukan anak kecil yang bermain, dari sekilas cara dia berpakaian ataupun berbicara bukan dari anak pesantren, suatu ketika anak ini merasa lelah dan duduk di tangga, lalu spontan anak ini membacakan surat Ar Rahman secara merduuu sekali, kami kaget dan terhentak serta kami memberhentikan langkah kami hanya sekedar ingin melihat anak tersebut.

Kami menangis dan tersipu malu di buatnya, karena anak ini membacakan ayat – ayat dari surat Ar Rahman ini dengan jelas tajwid dan lafadz nya tanpa membaca Al-Quran, Ia sedikitpun tidak canggung dan kikuk dan ia sangat hafal serta membawakannya seperti bernyanyi saja, kami pun merinding dan takut akan azab Allah SWT karena sudah melupakan nikmat karunia Nya. Surat Ar Rahman jelas sekali menanyakan kepada kita apakah kita ingkar akan nikmat dan segala rejeki yang Allah berikan??

Hal ini telah Allah SWT bahas di dalam surat Ar rahman.. FABIAYYI ALAA ‘IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN (maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan) ????


Suatu waktu saya secara tidak sengaja men download aplikasi android tentang bacaan surat Ar-Rahman, ketika menggunakan aplikasi itu dan mendengarkannya menjelang tidur ataupun sehabis sholat 5 waktu, tak terasa meneteskan air mata karena betapa hamba ini sombong karena tidak bersyukur atas nikmat Allah SWT berikan.
Di dalam aplikasi itu terdapat text dan mp3 surat Ar-Rahman sehingga saya bisa meresapi makna dari surat tersebut.. menangis lagi… dan lagi… betapa besar karnia Allah SWT kepada ku..
Tentang Surah Ar-Rahman
Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surat makkiyah, terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pemurah berasal dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah. kepada hamba-hamba-Nya, yaitu dengan memberikan nikmat-nikmat yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti.
Surat Ar Rahman adalah salah satu surat dari 114 surat dalam Al Qur’an. Entah mengapa, tanpa mengesampingkan surat lain dalam Al Qur’an, surat ini banyak menyita perhatian kebanyakan orang. Surat ini memiliki kata yang begitu indah dan mengalir berirama. Dan tanpa terasa air mata menetes, satu ,demi satu saat kita membacanya.
Ciri khas surah ini adalah kalimat berulang 31 kali Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?) yang terletak di akhir setiap ayat yang menjelaskan nikmat Allah yang diberikan kepada manusia.
FABIAYYI ALAA ‘IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN (maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan). Tiga puluh ayat dalam surat Ar Rahman memiliki kalimat ini; terus berulang, Allah memberi peringatan kepada kita berulang bahwa Maka Nikmat Tuhan  Kamu Yang Manakah Yang Kamu Dustakan?
Melalui surat ini Allah seolah memberi sinyal kepada kita akan sifat kita yang Pelupa, Kufur nikmat, dan tidak mau berfikir. Ya tiga sifat itu adalah sifat yang selalu dimiliki oleh manusia Semoga Allah SWT, mengampuni dosa-dosa kita. Aamiin
Keutamaan membaca Surat Ar Rahman
Rasulullah  bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187).
Imam Ja’far Ash-shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘FABIAYYI ALAA ‘IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN’, ia mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan), jika saat membacanya itu pada malam hari kemudian ia mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid; jika membacanya di siang hari kemudian mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhannya bersamanya pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah, dan baunya paling harum. Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang lebih dekat dengan-Nya daripadanya.
Pada saat itu Allah berfirman padanya: Siapakah orang yang sering bangun malam bersamamu saat di dunia dan tekun membacamu. Ia menjawab: Ya Rabbi, fulan bin fulan, lalu wajah mereka menjadi putih, dan ia berkata kepada mereka: Berilah syafaat orang-orang yang mencintai kalian, kemudian mereka memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu ia berkata kepada mereka: Masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).
Wallahu a’lam bish-shawab.
Semoga Allah menolong kita semua, sehingga kita menjadi golongan hamba-Nya yang takut terhadap-Nya, memuji segala Kebesaran-Nya dan menahan diri dari perkara-perkara yang dapat menyakiti Allah, dan membuat Allah murka. Semoga Allah SWT, selalu meridhoi langkah kita semua, Aamiin Allahumma Aamiin

Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Semoga Allah senantiasa membalas kebaikan anda..aamiin
Insya’Allah Bermanfaat.. Barakallah untuk anda..

Mari LIKE & SHARE postingan ini agar pahala menebar kebaikan juga anda dapatkan..

sumber

PENTING!! Mengenalkan Pahlawan-Pahlawan Terhebat Dalam Sejarah Islam Kepada Anak

Anak adalah amanah yang diberikan Allah Swt pada para orang tua. Karenanya, orang tua berkewajiban mengasuh, mendidik, melindungi dan menjaga amanah Allah itu agar menjadi generasi muslim yang bukan hanya sukses di dunia, tapi juga di akhirat kelak. Dalam perkembangannya, sang anak akan banyak menanyakan berbagai macam hal kepada orangtuanya. Ditambah dengan rasa keingintahuannya yang semakin besar, tentu saja para orangtua harus bisa menjawab dengan baik serta dapat dimengerti oleh sang anak.

Dalam teori perkembangan fantasi, yang diungkapkan oleh Charlotte Buhler (Ahmadi & Sholeh, 2005: 101) menuliskan bahwa anak pada usia 8;0-12;0 tahun adalah masa cerita realistis, yaitu anak mulai senang terhadap cerita-cerita yang nyata. Nah dalam masa ini, kita sebagai orangtua haruslah siaga dalam memiliki kiat-kiat khusus memperkenalkan pengetahuan seperti (pahlawan, sejarah, biologi, dan lain-lain) kepada anak.

Namun terkadang anak lebih menyukai atau lebih cepat mengenal sosok pahlawan dari film ataupun komik yang mereka baca. Seperti: Spiderman, Ironman, Hulk, Batman dll yang peranannya tidak nyata. Sebagai muslim, sangatlah penting juga mengenalkan kepada anak bahwa Islam pun memiliki pahlawan-pahlawan yang nyata dan hebat di bawah  pimpinan Nabi Muhammad SAW, seperti:

Khalid Bin Walid Khalid ibn al-Walid (584 – 642)

Khalid bin Walid, adalah seorang panglima perang pada masa pemerintahan Khulafa ArRasyidin yang termahsyur dan ditakuti di medan perang serta dijuluki sebagai Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus). Dia adalah salah satu dari panglima-pangli¬¬ma perang penting yang tidak terkalahkan sepanjang kariernya.

Muhammad Al-Fatih ( Mehmed II )

Sultan Mehmed II atau juga dikenal sebagai Muhammad Al-Fatih juga dikenal sebagai el-Fatih, “Sang Penakluk”. Kejaya¬¬annya dalam menaklukkan Konstantinopel menyebabkan banyak kawan dan lawan kagum dengan kepimpinannya serta taktik & strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya. Ia merupakan anak didik Syekh Syamsuddin yang masih merupakan keturunan Abu Bakar As-Siddiq.

Salahuddin Ayyubi ( Saladin ) Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din (1138 – 4 Mac 1193)

Adalah seorang jeneral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Iraq sekarang). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Syria, sebahagian Yaman, Iraq, Mekah Hijaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan tentera, dan sifatnya yang satria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud

Abu Ubaidah bin al-Jarrah

Abu Ubaidah bin al-Jarrah adalah Muhajirin dari kaum Quraisy Mekah yang termasuk antara yang paling awal memeluk agama Islam. Ia ikut berhijrah ke Habasyah (saat ini Ethiopia) dan kemudian, beliau berhijrah ke Madinah. Ia mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Setelah wafatnya Nabi Muhammad saw, beliau merupakan salah satu calon Khalifah bersama dengan Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Setelah terpilihnya Abu Bakar sebagai Khalifah, beliau dilantik untuk menjadi panglima perang memimpin pasukan Muslim untuk berperang melawan kerajaan Rom. Beliau meninggal disebabkan oleh wabak penyakit.

Sa’ad bin Abi Waqqas

Sa`ad bin Abī Waqqās merupakan salah seorang yang awal masuk Islam dan salah satu sahabat penting Muhammad. Kepahlawanan Sa’ad bin Abi Waqqas tertulis saat memimpin pasukan Islam melawan tentara Persia di Qadissyah. Peperangan ini merupakan salah satu peperangan terbesar umat Islam.

Tariq Bin Ziyad

Tariq bin Ziyad, dikenal dalam sejarah Sepanyol sebagai legenda dengan sebutan Taric el Tuerto (Taric yang memiliki satu mata), adalah seorang jeneral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan muslim atas wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 M

Syurahbil bin Hasanah (583-639)

Adalah sahabat Muhammad saw. Dia merupakan salah satu komander terbaik dalam pasukan Rasyidin, bertugas di bawah Khalifah Rasyidin Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Dia merupakan salah satu komander lapangan utama selama penaklukan Muslim di Syria, bertugas sejak tahun 634 hingga kematiannya pada tahun 639 akibat wabak.

Abdullah bin Aamir.

Abdullah bin Aamir adalah gabenor Busrha (647–656) dan merupakan jeneral tentera yang sangat berjaya pada masa pemerintahan Khalifah Rasyidin Othman bin Affan. Dia terkenal atas kehebatannya dalam pengurusan ketenteraan.

Amru Bin Ash

Pada awalnya beliau pernah mengambil bahagian dalam peperangan menentang Nabi Muhammad SAW dan kaum Muslim namun masuk Islam bersama Khalid bin Walid. Enam bulan setelah memeluk Islam, beliau bersama Rasulullah SAW menakluk Mekah dalam peristiwa Fathul Mekkah. Ia adalah panglima perang yang bijak dalam mengatur strategi perang.Beliau adalah panglima perang yang menaklukan Baitul Maqdis dan Mesir dari cengkaman Romawi. Ia kemudian dilantik sebagai gabenor Mesir oleh Umar bin Khattab, tetapi kemudian dipecat oleh Khalifah Usman bin Affan. Selanjutnya Muawiyah bin Abu Sufyan melantik kembali beliau menjadi gabenor Mesir. Panglima Amru mengerahkan tentera agar menjujung Al Quran dihujung tombak, ia menggunakan cara ini dalam pertempuran dengan Ali bin Abi Thalib agar Ali bin Abi Thalib menghentikan serangan.

Nah berikut 9 pahlawan terhebat dalam sejarah Islam, tentunya kita perlu mengenalkan kepada anak agar mereka tentunya merasa bangga bahwa dalam islam mereka memiliki pahlawan-pahlawan nyata yang sangat tangguh juga bijaksana.

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Like dan Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Sumber

Indahnya Ta’aruf Dengan Cara Yang Benar

Salah satu akhlak (kepribadian Islami) yang harus dimiliki setiap ikhwan atau akhwat adalah ketika memilih menikah tanpa pacaran. Karena memang dalam Islam tidak ada konsep pacaran, dengan dalih apapun. Misalnya, ditemani orang tualah, ditemani kakak atau adiklah sehingga tidak berdua-duan.

Semua sudah sangat jelas dalam Al qur’an surat Al Isra ayat 32 yang artinya ,”Dan janganlah kamu mendekati zina ; (zina) itu sungguh perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” Apalagi sudah menjadi fihtrah bagi setiap pria pasti memiliki rasa ketertarikan pada wanita begitu pula sebaliknya. Namun Islam memberikan panduan yang sangat jelas demi kebaikan ummatnya.

Mampukah tiap diri kita menata semua, ya perasaan cinta, kasih sayang benar-benar sesuai dengan syari’ah? Dalam buku Manajemen Cinta karya Abdullah Nasih Ulwan, juga disebutkan, cinta juga harus dimanage dengan baik, terutama cinta pada Allah SWT, Rasulullah SAW, cinta terhadap orang-orang shalih dan beriman. Jadi tidak mengumbar cinta secara mudah atau bahkan melanggar syariat islam.

Lalu bagaimanakah kiat-kita ta’aruf Islami yang benar agar nantinya tercipta rumah tangga sakinah mawaddah warohmah, berikut pengalaman penulis 14 tahun lalu yaitu :

Melakukan Istikharoh dengan sekhusyu-khusyunya

Setelah ikhwan mendapatkan data dan foto, lakukanlah istikharoh dengan sebaik-baiknya, agar Allah SWT memberikan jawaban yang terbaik. Dalam melakukan istikharoh ini, jangan ada kecenderungan dulu pada calon yang diberikan kepada kita. Tapi ikhlaskanlah semua hasilnya pada Allah SWT. Luruskan niat kita, bahwa kita menikah memang ingin benar-benar membentuk rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah. Seseorang biasanya mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang diniatkannya.

Menentukan Jadwal Pertemuan (ta’aruf Islami)

Setelah Ikhwan melakukan istikharoh dan adanya kemantapan hati, maka segeralah melaporkan pada Ustadz, lalu Ustadz pun memberikan data dan foto kepada Ustadzah (guru akhwat), dan memberikan data dan foto ikhwan tersebut kepada Akhwat. Biasanya akhwat yang memang sudah siap, Insya Allah setelah istikharoh juga segera melaporkan kepada Ustadzahnya. Lalu segeralah atur jadwal pertemuan ta’aruf tersebut. Bisa dilakukan di rumah Ustadzah akhwatnya. Memang idealnya kedua pembimbing juga hadir, sebagai tanda kasih sayang dan perhatian terhadap mutarabbi (murid-murid). Hendaknya jadwal pertemuan disesuaikan waktunya, agar semua bisa hadir, pilihlah hari Ahad, karena hari libur.

Gali pertanyaan sedalam-dalamnya

Setelah bertemu, hendaknya didampingi Ustadz dan Ustadzah, lalu saling bertanyalah sedalam-dalamnya, ya bisa mulai dari data pribadi, keluarga, hobi, penyakit yang diderita, visi dan misi tentang rumah tangga. Biasanya pada tahap ini, baik ikhwan maupun akhwat agak malu-malu dan grogi, maklum tidak mengenal sebelumnya. Tapi dengan berjalannya waktu, semua akan menjadi cair. Peran pembimbing juga sangat dibutuhkan untuk mencairkan suasana. Jadi tidak terlihat kaku dan terlalu serius. Dibutuhkan jiwa humoris, santai namun tetap serius.

Silakan baik ikhwan maupun akhwat saling bertanya sedalam-dalamnya, jangan sungkan-sungkan, pada tahap ini. Biasanya pertanyaan-pertanyaan pun akan mengalir.

Menentukan waktu ta’aruf dengan keluarga akhwat

Setelah melakukan ta’aruf dan menggali pertanyaan-pertanyaan sedalam-dalamnya, dan pihak ikhwan merasakan adanya kecocokan visi dan misi dengan sang akhwat, maka ikhwan pun segera memutuskan untuk melakukan ta’aruf ke rumah akhwat, untuk berkenalan dengan keluarga besarnya. Ini pun sudah diketahui oleh Ustadz maupun Ustadzah dari kedua belah pihak. Jadi memang semua harus selalu dikomunikasikan, agar nantinya hasilnya juga baik. Jangan berjalan sendiri. Sebaiknya ketika datang bersilaturahim ke rumah akhwat, Ustadz pun mendampingi ikhwan sebagai rasa sayang seorang guru terhadap muridnya. Tetapi jika memang Ustadz sangat sibuk dan ada da’wah yang tidak bisa ditinggalkan, bisa saja ikhwan didampingi oleh teman pengajian lainnya. Namun ingat,ikhwan jangan datang seorang diri, untuk menghindarkan fitnah dan untuk membedakan dengan orang lain yang terkenal di masyarakat dengan istilah ’ngapel’ (pacaran).

Hendaknya waktu ideal untuk silaturahim ke rumah akhwat pada sore hari, biasanya lebih santai. Tapi bisa saja diatur oleh kedua pihak, kapan waktu yang paling tepat untuk silaturahim tersebut.

Keluarga Ikhwan pun boleh mengundang silaturahim akhwat ke rumahnya

Dalam hal menikah tanpa pacaran, adalah wajar jika orang tua ikhwan ingin mengenal calon menantunya (akhwat). Maka sah-sah saja, jika orang tua ikhwan ingin berkenalan dengan akhwat (calon menantunya). Sebaiknya ketika datang ke rumah ikhwan, akhwat pun tidak sendirian, untuk menghindari terjadinya fitnah. Dalam hal ini bisa saja akhwat ditemani Ustadzahnya ataupun teman pengajiannya sebagai tanda perhatian dan kasih sayang pada mutarabbi.

Menentukan Waktu Khitbah

Setelah terjadinya silaturahim kedua belah pihak, dan sudah ada kecocokan visi dan misi dari ikhwan dan akhwat juga dengan keluarga besanya, maka jangalah berlama-lama. Segeralah tentukan kapan waktu untuk mengkhitbah akhwat. Jarak waktu antara ta’aruf dengan khitbah, sebaiknya tidak terlalu lama, karena takut menimbulkan fitnah.

Tentukan waktu dan tempat pernikahan

Pada prinsipnya semua hari dan bulan dalam Islam adalah baik. Jadi hindarkanlah mencari tanggal dan bulan baik, karena takut jatuh ke arah syirik. Lakukan pernikahan sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW, yaitu sederhana, mengundang anak yatim, memisahkan antara tamu pria dan wanita, pengantin wanita tidak bertabarruj (berdandan),makanan dan minuman juga tidak berlebihan.

Semoga dengan menjalankan kiat-kiat ta’aruf secara Islami di atas, Insya Allah akan terbentuk rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah…yang menjadi dambaan setiap keluarga muslim baik di dunia maupun di akhirat. semoga Allah SWT memberikan jodoh yang terbaik untuk kita semua semua baik di dunia maupun di akhirat..Aamiin ya Robbal ’alamiin.

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Like dan Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Sumber

7 Langkah Penyemangat Hidup

Disaat kita mulai merasa lelah dengan segala rutinitas dari pagi hingga sore hari yang telah kita lalui, seakan tidak pernah ada habisnya. Mungkin pernah timbul rasa lelah dan ingin menyerah karena apa yang telah kita lakukan selama ini tidak ada perubahan. Berikut 7 langkah sederhana yang Insyaallah dapat memotivasi diri Anda agar terus semangat dalam berjuang. diantaranya:

Get Up

Tidak peduli berapa kali Anda gagal, bangun lagi!! Tidak peduli berapa banyak orang mengatakan “Anda pasti tidak bisa” hancurkan itu, buang apa yang menjadi keraguan orang, yakinlah pada kemampuan diri. Ingat ada Allah Swt, yang maha membantu. Lalu kenapa harus takut?

Dress Up

Kecantikan dari dalam jauh lebih indah daripada sekedar hiasan luar yang sementara. Akan terlihat sayang jika penampilan diluar sangat baik, namun akhlak dalam diri kurang baik. Naudzubillah

Shut Up

Berhentilah bicara tentang kesuksesan masa lalu dan berkeluh kesah tentang masa lalumu, Setiap manusia mempunyai medan perangnya masing-masing. Jadilah pejuang tangguh dan berhentilah mengasihani diri sendiri. Berhenti mengeluh di media sosial dsb, itu hanya akan menunjukan bahwa Anda lemah. tanyakan pada diri Anda sendiri “Seberapa pejuangkah Saya?” Terus berjuang, bukankah lelah ini hanya sementara? Ingat ada Allah yang maha kuat yang menguatkan kita.

Stand Up 

Berdirilah teguh, yakin Anda pasti bisa, percaya pada kemampuan diri sendiri. Percayalah akan janji Allah kepada setiap hambanya yang selalu berdiri teguh bekerja keras dan pantang menyerah dengan balasan dari-Nya Hadiah terindah.

Look Up

Jangan melihat dirimu yang terbatas, lihatlah Allah yang maha kuasa dan kasih sayangnya kepada hamba-Nya yang tidak terbatas. Ayo jangan takut!!

Reach Up

Capailah lebih tinggi dari prestasi sebelumnya. Jangan gampang merasa puas dengan apa yang telah kita lakukan. Perlu ada pembenahan strategi agar lebih baik lagi kedepannya. mintalah Ridho Allah dalam urusan apapun

Lift Up

Naikkan semua impianmu tanpa alasan. Ingat ada Allah yang selalu mencintai kita tanpa alasan.

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Like dan Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Sumber

Inilah 8 Cara Menerima Kekurangan Pasangan

Dalam hal berumah tangga masalah yang sering timbul adalah ketidakmampuan seseorang dalam menerima kekurangan pasangannya. Untuk membentuk sebuah keluarga bahagia memerlukan proses yang panjang dan salah satunya adalah menerima kekurangan yang ada pada diri pasangan kita.

Berikut adalah 8 cara menerima kekurangan pasangan untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah, diantaranya:

Belajarlah untuk tidak selalu melihat kekurangan pasangan kamu

Tapi usahakan untuk melihat kekurangan yang ada pada diri kamu sendiri. Buatlah semacam catatan tentang diri kamu sendiri, kamu juga bisa menulis dengan jujur kekurangan yang ada pada diri kamu. Dengan begitu kamu tidak merasa menjadi diri yang sempurna dan mampu untuk menerima kekurangan pasangan kamu.

Jika kekurangan yang ada pada diri pasangan kamu bersifat merugikan keluarga

Cobalah untuk berdiskusi. Katakan keberatan kamu terhadap sifat dan tingkah lakunya yang kamu rasa tidak benar. Cari solusi yang tepat demi kebaikan bersama.

Kekurangan yang ada pada pasangan hendaknya jangan dijadikan bahan untuk merendahkannya

Berikan motivasi yang dapat membangun kepercayaan dirinya dan berusaha untuk menutupi kekurangan yang ada.

Jangan memendam kekesalan dalam diri 

Jika kamu menemui masalah dengan kekurangannya. Akan lebih baik jika kamu berterus terang dan mengeluarkannya. Cobalah untuk tidak emosi. Jika kamu memendam dan mendiamkan hal tersebut, kamu akan menjadi antipati dan kemudian bisa menjadi konflik yang akhirnya memicu pertengkaran.

Bersama-sama mencari jalan keluar terhadap kekurangan yang ada pada pasangan 

Misalnya saja, pasangan kamu suka tidur mendengkur, kamu bisa membawanya berkonsultasi ke dokter. Bawa serta pasangan kamu. Jika harus melakukan terapi, dampingilah pasangan kamu dalam melakukan terapi tersebut. Kehadiran kamu akan sangat berguna bagi kesembuhannya.

Tutupi kekurangan pasangan kamu di hadapan orang lain

Janganlah menambah bebannya dengan cara menceritakan kekurangannya pada orang lain. Cukup hanya kamu yang mengetahuinya, sebab pasangan kamu akan semakin merasa rendah diri jika kekurangan yang ada pada dirinya diketahui oleh orang lain.

Mintalah pertolongan kepada Allah

Meminta pertolongan kepda Allah sangatlah penting, karena yang mengerti setiap hati hambanya-Nya hanya Allah. Allah yang mengenggam hati kita semua, apapun yang terjadi adalah kuasa-Nya. Mintalah kepada Allah, agar pasangan kita menjadi lebih baik lagi. Mintalah keridhoan Allah dalam urusan apapun. Allah maha mendengar segala doa

Belajar ikhlas dan menerima kekurangannya

Jika kamu ikhlas dan mencoba mengalah tentang kekurangan yang ada pada dirinya. Tidak ada manusia yang sempurna baik sifat maupun tingkah laku. Oleh karena itu jika ingin membentuk keluarga sakinah, cobalah untuk belajar ikhlas dan menerima kekurangan yang ada pada diri pasangan kamu.

Nah itulah 8 langkah dalam menerima kekurangan pasangan. dalam berumah tangga diharuskan kita untuk menghormati satu sama lain. Menerima kekurangan masing-masing sangatlah perlu, bahwasannya didunia ini tidaklah ada yang sempurna. Kesempurnaan hanya milik Allah Swt. Semoga kita semua mendapatkan pasangan yang mengerti dan menerima kita apaadanya. Yang bersedia agar sama-sama belajar untuk saling menghormati dan mengerti satu sama lain. Semoga kita menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah, Aamiin Allahumma Aamiin

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Like dan Share postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, Semoga Allah Swt membalas setiap kebaikan kita, barakallah. Aamiin Allahumma Aamiin

Sumber