BAYI BERKEPALA DUA LAHIR DI MAJENANG


HUMAS CILACAP. Bayi berkepala dua yang lahir dari pasangan Munjiah (27) dan Usman (36) akan segera mendapatkan perawatan yang lebih memadai. Pihak rumah sakit bersalin (RSB) Duta Mulya Majenang yang menjadi tempat kelahiran bayi malang ini, telah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Umum dr.Sardjito Yogyakarta untuk keperluan rujukan. “Kami berkoordinasi dengan pihak Sardjito untuk bisa merujuk kesana” tandas Direktur RSB Duta Mulya Majenang, Dr.Tatang Mulyana.

Bayi laki-laki ini lahir dengan dua kepala namun hanya memiliki satu organ dalam termasuk kerongkongan serta kaki dan tangannya yang satu pasang. “Kondisinya sehat, panjang 46 cm dan berat 4,2 kg. Proses kelahirannya dengan Caesar” tandas dia.

Dia menyebut, bayi yang lahir dari rahim Munjiah ini mengalami kelainan dicephalus parapagus on joined twins. Atau kembar mulai dari kepala sampai leher. Tapi bukan kembar siam. Kelainan ini diduga karena faktor mutasi genetik. Saat janin dalam kandungan ibu berusia dua minggu terjadi proses pembelahan. Kemungkinannya, saat proses pembelahan itu berlangsung, ada faktor eksternal yang menyebabkan pembelahan terhenti hingga pada kepala saja. Pemicunya bisa karena sang ibu yang mengonsumsi obat tertentu atau yang lain.

Sementara sang ibu bayi malang ini sempat menjalani perawatan di ruang Gelatik RSB Duta Mulya untuk pemulihan pascaoperasi. “Setahu saya, selama kehamilan kemarin isteri saya ngga mengalami kelainan apapun dan rutin melakukan pemeriksaan ke bidan. Isteri saya juga ngga pernah mengkonsumsi obat-obatan selain dari bidan” tandas Usman yang mengaku sangat terkejut dengan kondisi kelahiran anak keduanya.

Pasangan suami isteri asal Desa Purwosari RT 1 RW 3 Kecamatan Wanareja itu tergolong dari keluarga tak mampu. Mereka kini hanya bisa pasrah dan berharap ada perhatian dari pihak manapun. (AP).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s