Bayi Berkepala Dua Miliki Dua Tulang Punggung


Metrotvnews.com, Sleman: Bayi berkepala dua ternyata memiliki sejumlah organ tubuh yang berjumlah dua pula.

Tim Medis RSUP Dr Sardjito Yogyakarta yang telah melakukan pemeriksaan awal mendapati bayi pasangan Munjiyah–Usman ini memiliki dua tulang punggung hingga sampai tulang ekor.

“Meski ada beberapa ruas tulang yang tidak berkembang sempurna,” kata Ketua Tim Medis Penanganan Bayi Berkepala Dua dr Ekawaty Lutfia MPH SpA (K) di Yogyakarta, Selasa (2/7). Tim medis yang menangani bayi itu sebanyak 25 orang dengan berbagai keahilan.

Lebih lanjut Ekawaty mengatakan, kondisi bayi melemah sehingga tim medis lebih banyak berkonsentrasi untuk menjaga kestabilan kesehatannya.

Dari hasil pemeriksaan, lanjutnya, bayi tersebut juga memiliki dua jantung yang menyatu pula. “Tangan dua, kaki dua, dan satu alat kelamin laki-laki,” ujarnya.

Sementara itu, ahli jantung dr Sasmito Nugroho mengatakan jantung yang dimiliki bayi berkepala dua itu sebenarnya dua, namun antara jantung kiri dan kanan terdapat lubang penghubung. Selain itu, antara jantung kiri dan kanan mirip pencerminan.

Dengan kondisi itu, lanjutnya, diperkirakan jantung tidak akan kuat memompa darah ke seluruh tubuh. Namun bisa jadi darah akan lebih banyak ke paru-paru. Ia menambahkan kedua jantung itu memiliki alat kelengkapan yang sama dan relatif lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s