Rp 30 Miliar untuk Pembangunan Terminal Cilacap Akan Jadi Terminal Tipe A


Suasana terminal Cilacap beberapa waktu lalu.

Warga Kabupaten Cilacap tidak lama lagi akan memiliki terminal bus yang sangat representatif. Sebab, terminal yang ada saat ini, akan segera direhab total oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan. Tak tanggung-tanggung, dana yang dikucurkan untuk pembangunan terminal ini mencapai Rp 30 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Cilacap, Uong Suparno menjelaskan, alokasi anggaran untuk merealisasikan pembangunan terminal tersebut akan turun dalam dua tahap. Masing-masing tahap pada tahun 2014 dan 2015 akan dikucurkan Rp 15 miliar.

“Saat ini proses menuju pembangunan tersebut sudah masuk tahap lelang di tingkat pusat.  Diperkirakan Maret mendatang, pihak pemenang mulai melakukan sosialisasi kepada warga Cilacap untuk segera memulai pekerjaannya,” katanya.

Uong menambahkan, sesuai dengan rencana, Terminal Bus Cilacap nantinya dibangun lantai 2 dan kelasnya selevel dengan Terminal Purwokerto, yakni tipe A.  Sebenarnya kondisi yang saat ini masih cukup layak untuk beroperasi. Namun dinilai masih kurang representatif dengan perkembangan saat ini.

Selama ini, kata dia, kucuran anggaran dari Pemkab Cilacap hanya digunakan untuk melakukan perbaikan yang dianggap tidak signifikan. Hal ini disebabkan kecilnya anggaran yang dialokasikan. Dengan demikian, perbaikan  hanya menyentuh bagian tertentu saja.  Misalnya untuk perbaikan lantai, sementara lainnya dibiarkan.

“Dengan dana yang sangat terbatas, tidak heran jika Terminal Bus Cilacap menjadi terlihat kurang baik. Sehingga perlu pembenahan secara menyeluruh,” ujarnya.

Rehab total yang  merupakan kegiatan dari pemerintah pusat, lanjut Uong,  nantinya pihak Dishub Cilacap hanya tinggal menyiapkan rencana untuk rekayasa lalu lintas selama masa pembangunan berjalan. Hal ini dilakukan agar bus-bus atau angkutan umum yang ada, bisa tetap beroperasi di terminal ini.

“Rekayasa lalu lintas  ini akan bergantung dengan pihak pemenang tender untuk memulai titik pembangunannya. Yang jelas, nanti masih ada sebagian dari terminal yang bisa digunakan untuk operasional bus dan angkutan umum lainnya,” kata Uong. (ron)

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s