Apaaja.id bakal Jadi Domain “Premium” di Indonesia, Harganya Agak Kebangetan


Ngomong-ngomong soal domain nih pren, gak asing banget lah ya sama yang namanya dotcom, dotnet, dotinfo. Domain-domain yang masuk dalam kasta TLD (Top Level Domain) itu emang paling banyak digunakan di jagat internet. Contohnya ga usah jauh-jauh deh, NGONOO.com aja pake dotcom.

Berita bagus tapi menyedihkan terbaru dari dunia per-domain-an nih pren. Di Indonesia bakal hadir sebuah domain baru yang bakal jadi domain premium di negara ini. Apa itu?
“apaaja.id”. Selama ini kan kalau kita mau beli domain.id itu hanya bisa beli yang ada tambahan depannya. Contoh tuh co.id untuk perusahaan, or.id untuk organisasi, web.id untuk personal, net.id untuk perusahaan telekomunikasi, dan lain-lain. Nah, dengan hadirnya domain baru yaitu .id, kita juga punya pilihan yang lebih keren kalau mau bikin website.

Keterangan resmi yang dilaporkan Kompas, domain .id itu udah resmi diumumkan tanggal 17 Desember 2013 kemarin. Tetapi, Pandi sebagai pihak yang berwenang mengurusi perdomainan Indonesia, bakal meluncurkan domain .id pada tanggal 17 Agustus 2014 mendatang.

Okeh, jadi bakal ada tahap peluncuran .id ini mulai Januari 2014 sebentar lagi. Singkatnya begini :

Sunrise

Ini buat yang udah pegang merek secara sah berdasarkan (Kementrian Hukum dan HAM), berhak untuk membeli domain .id sesuai dengan merek yang dimiliki. Para pemiliki merek diberi kesempatan sejak 20 Januari 2014 hingga 3 bulan setelahnya.

Grandfather

Tahap selanjutnya adalah “grandfather” yang berlangsung 2 bulan setelah tahap pertama. Pemiliki domain .id, mulai bisa ngedaftarin tuh domain .id nya. Misalnya yang udah punya merek “ojoko”, bisa daftarin nama ojoko.id.

Landrush

Ini tahap juga berlangsung dua bulan, yaitu tahapan rebutan domain. Jadi kalau kamu punya nama keren yang bisa dipakai domain .id, ini tahapnya buat rebutan siapa cepat dia dapat. Tapi ada persyaratan juga buat ngajuin domain .id ini. Buat lengkapnya kamu cari dulu yaks di website nya PANDI.

Biaya pendaftaran

Ini nih yang agak bikin sedih, satu domain .id, dihargai Rp 500.000 (lima ngatus ewu) rupiah pertahun belum PPN. Bruaaaaaaaaaaaakk.. Ini berarti bisa buat beli 5-7 domain dot com pren.

Jadi gimana, apa kamu tertarik buat daftarin domain ojoko.id?

Kita tunggu aja sambil Tetep Sat-Set; Bat-Bet™

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s