Media Penyimpanan Setipis Kertas Tapi Muat Bergiga-Giga Data


Inovasi manusia memang nggak ada habisnya, apalagi soal teknologi elektronik semacam komputer dan gadget-gadget lainnya. Lha ini ada lagi inovasi dari orang-orang yang nggak pernah puas dengan teknologi yang sudah ada. Sebut saja dataStickies, ini bukan Stickies sekolah tinggi ilmu kesehatan lho ya. :|

Ini barang sepitis kertas tapi bisa buat nyimpen data bergiga-giga, dataStickies ini emang belum ada wujud nyatanya, wong baru konsep koq. Tapi bukan sekedar konsep aja sih, kalo menurut yang mencetuskan ide, baran gini benar-benar bisa dibikin. Nah, yang punya ide ini adalah Tante Aditi Singh yang merupakan seorang Architect & Industrial Designer yang bergelar Master di bidang desain, sama Om Parag Anand yang merupakan Associate Professor of Industrial Design di School of Planning and Architecture, New Delhi, India, Tante Aditi tadi juga sekolahnya di SPA juga. Om Parag ini sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang desain barang-barang gitu deh.

dataStickies ini mungkin dibuat dengan bahan Grafena (Graphene), berikut penjelasn Wikipedia soal Grafena:

Grafena merupakan alotrop karbon yang berbentuk lembaran datar tipis di mana setiap atom karbon memiliki ikatan sp2 dan dikemas rapat dalam bentuk kisi kristal seperti sarang lebah. Ia dapat dilihat sebagai sebuah jaring-jaring berskala atom yang terdiri dari atom karbon beserta ikatannya. Nama grafena berasal dari GRAPHITE + -ENE; grafit sendiri terdiri dari banyak lembaran grafena yang ditumpuk secara bersama. Pada tahun 2010 Andre Geim dan Konstantin Novoselov mendapat hadiah Nobel di bidang kimia karena karyanya dalam mengembangkan grafena 2 dimensi.

Saya sendiri nggak bisa bayangin kayak apa bentuknya, tapi kalo lihat gambar-gambar di bawah ini mungkin kamu bisa tau nanti jadinya kayak apa kalo udah jadi dataStickies.

dataSTICKIES05

dataSTICKIES06

dataSTICKIES03

dataSTICKIES07

Duh, itu barangnya cuma ditempelin ke komputer gitu trus udah jadi kayak flashdisk. :D Trus nyimpennya juga cuma diselipin dompet gitu, duh, kalo kamu punya banyak mantan, ini memungkinkan kamu buat nyimpen semua foto-foto mantan kamu trus diselipin di dompet. :P Di dompetnya pacar kamu yang sekarang. :|

Info lengkapnya silakan baca di http://datastickies.com eaa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s