Fotografer Inggris Bongkar Fakta Menyedihkan di Balik Produksi Sebuah Gadget Yang Anda Gunakan


Kita mungkin tidak menyadari bagaimana sebuah Smartphone dan peralatan nya di produksi, Fotografer asal Inggris mendokumentasikan sebuah kekerasan yang terjadi pada anak-anak di bagian timur Republik kongo sejak tahun 1999.

Selama waktu itu, puluhan ribu tentara cilik telah menjadi bagian dari konflik yang menyebabkan lebih dari 5 juta kematian. Kekerasan ini kerap di sebut sebagai “conflict minerals” , karena memperebutkan emas dan berlian.

Baru-baru ini konflik kembali memanas dimana mereka memperebutkan tiga hasil tambang lain nya seperti tantalum, tungsten dan timah, dimana hasil bumi tersebut akan di gunakan untuk membentuk Smartphone yang kita gunakan. Selain Smartphone, hasil mineral tersebut juga di gunakan untuk produksi laptop, tablet, kamera dan perangkat elektronik lain nya.

“Setiap orang di dunia saat ini menggunakan sejumlah besar produk elektronik, hasil dari apa yang kita gunakan merupakan awal dari suatu konflik yang terjadi di kongo dan kita harus menyadari itu” jelas Marcus Bleasdale.

Bleasdale mengatakan ia sangat tidak tahan melihat kekerasan di setiap rumah, anak 11 tahun terpaksa terjun ke medan pertempuran, saat melihat itu, ia teringat keponakan nya yang saat ini tertawa riang bersama teman nya. Sekitar 40.000 perempuan diperkosa di Kongo selama periode 12 bulan pada 2006-2007, menurut sebuah laporan yang diterbitkan di American Journal of Public Health.
Lihat Foto :
Image : Mashable

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s