Terungkap, Facebook Memonitor Segala Ketikan Walaupun Pengguna Belum Memposting nya di Facebook.


Sebagian besar dari kita terkadang sering saat ingin memposting sebuah status, namun karena menurut anda status itu kurang menarik, anda menghapus tulisan nya sebelum memposting nya ke dalam facebook. Tapi taukah anda, setiap huruf yang anda ketik walaupun anda belum memposting ke facebook, setiap huruf tersebut telah di simpan oleh facebook.

Walaupun bersifat “privasi” namun jangan salah karena kode browser kita memungkinkan facebook memeriksa apa yang telah anda ketik walaupun anda belum menekan tombol enter untuk mempostingan ketikan anda.

Hal ini di sebut oleh Facebook sebgai “Self-Censorship”, adalah seorang ahli data bernama Sauvik Das yang membocorkan rahasia ini dalam sebuah artikel nya seperti kami kutip dari Hackread.

Untuk mengumpulkan data ini, Facebook sebelumnya telah mengaktifkan kode ke dalam browser yang anda gunakan. Kode ini secara otomatis akan mempelajari data yang anda ketik dan akan menyimpan semua huruf walaupun anda hanya sebatas mengetik tanpa memposting nya ke facebook. Setelah data di simpan, kode akan di kirim kembali ke Facebook.

Teknik penyimpanan data ini bukan hal baru, dalam Gmail teknik ini sudah terlebih dahulu di terapkan, namun bedanya tim Gmail menggunakan kode ini untuk membantu pengguna menemukan tulisan nya kembali setelah tidak sengaja menutup tanpa menyimpan tulisan yang telah di ketik. Namun berbeda dengan Facebook, hingga saat ini tim ahli belum mengetahui untuk apa Facebook melakukan tindakan “mata-mata” tersebut.

Tentu saja dengan diketahuinya tindakan melanggar privasi yang di lakukan Facebook membuat para pengguna harus lebih berhati-hati sebelum mengetik setiap tulisan di Facebook. Atau bisa saja hacker iseng mencoba membobol sistem ini untuk mencoba mengetahui informasi anda.

 
 
Image: Justin Sullivan/Getty Images

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s