Relaksasi Tubuh & Pikiran Lewat Musik


FeaturedBob_heartless-550x326

Musik memiliki pengaruh yang banyak bagi tubuh dan pikiran. Berbagai studi dan aplikasinya sudah banyak ditemukan di sekitar kita. Audio healing, audio therapy atau bahkan tempat-tempat jasa kesehatan tubuh seperti relaksasi pun ditemani oleh musik-musik tertentu.

Gigsplay mencoba mencermati keuntungan-keuntungan dari musik untuk ketenangan pikiran kita, mencermati nilai-nilai positif dan pengaruhnya terhadap tubuh dan pikiran.

Mendengarkan musik yang bisa menenangkan tubuh bisa mengangkat pikiran kita menjadi lebih damai. Beberapa tingkatan stress mampu berkurang dan membantu kita terhubung ke tingkat kedamaian batin. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, hilangnya stress dari pikiran kita mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Musik pun menjadi sumber untuk merangsang kedamaian tersebut.

Musik-musik untuk meditasi, seperti nature sounds mampu mempercepat dan mempermudah proses meditasi kita. Jika manusia mendengarkan musik untuk relaksasi ini membantu pikiran kita menjadi lebih tenang dan akan membantu membuka pintu ketenangan yang dalam. Beberapa peneliti menilai, musik untuk relaksasi pun bisa mempercepat proses penciptaan inner peace.

Selain itu, musik bisa menjadi alat untuk memperkuat konsentrasi. Beberapa orang yang melakukan yoga menilai musik ini bahkan bisa meningkatkan proses-proses pertumbuhan tubuh.

Tubuh pada dasarnya memiliki program untuk menyembuhkan atau memperbaiki sistem-sistem tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Kegiatan-kegiatan seperti berendam, pijat dan lain-lain mampu menjadi medianya, namun musik tetap menjadi alat utama untuk merangsangnya.

Belum banyak orang yang sadar untuk mendengarkan musik yang bisa menenangkan ketika sebelum dan sesudah penerbangan. Studi dari Sequoia menjelaskan bahwa ketika traveler mendengarkan musik sebelum dan sesudah melakukan penerbangan mampu mengurangi stress selama di penerbangan yang panjang.

Musik ketika dijadikan sebagai relaksasi mampu mengkat tubuh dan pikiran kita lebih tenang. Ketika tubuh dan pikiran sudah berada di posisi yang tenang, maka tidur akan terasa lebih lelap. Manusia membutuhkan tidur yang lelap untuk mempertahankan kondisi tubuh. Musik adalah salah satu alat dan sumber sederhana dengan pengaruh yang sangat besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s