Keuntungan Memainkan Alat Musik Bagi Manusia


177425082_b2a4b66003

Beberapa artikel banyak yang menyatakan bahwa mendengarkan musik tertentu akan membuat rangsangan terhadap otak menjadi lebih baik. Terutama bagi anak, musik klasik menjadi pilihan yang banyak dijadikan untuk meningkatkan daya kerja terhadap kreativitas.

Lalu bagaimana dengan memainkan alat musik?

Memainkan alat musik dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang cukup fundamental terhadap otak, khususnya anak-anak. Beberapa studi menilai bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan fungsi otak jauh lebih dewasa.

Gigsplay menemukan 3 studi baru tentang hal ini. Hasil studi yang dihasilkan dalam sebuah pertemuan Society for Neuroscience di San Diego, California ini menemukan bahwa belajar bermain musik dapat meningkatkan kemampuan orang muda untuk memproses informasi.

Selain itu, pelatihan musik ini dapat memengaruhi otak anak-anak dalam peningkatan kreativitasnya. Dalam penelitian tersebut, pengaruh dari pelatihan musik ini akan semakin maksimal jika dimulai sebelum usia 7 tahun.

Gottfried Schlaug, direktur Music and Neuroimaging Laboratory di Harvard Medical School menyatakan bahwa, musik mungkin bisa dijadikan sebagai cara alternatif untuk mengakses sistem-sistem rusak atau tidak berfungsi dengan baik di otak.

Yunxin Wang, dari Beijing Normal University kepada The Guardian menyatakan bahwa perubahan otak melalui kegiatan bermain musik ini bisa menyebabkan kemajuan yang kognitif.

Ketika kita bermain musik, beberapa daerah di otak yang berhubungan dengan pendengaran dan konsentrasi akan lebih terangsang dan terlatih menuju tingkatan yang lebih baik.

Bahkan, dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa pemain piano yang memiliki pengalaman dalam improvisasi jazzmenunjukkan konektivitas yang lebih tinggi terhadap daya pikir dan kreativitasnya.

Bermain musik, selain secara emosional terekspresikan banyak perasaan, namun ternyata bisa menyehatkan otak kita, bisa melatih otak kita dan menyelamatkan sistem otak kita melalui asupan-asupan energi yang positif.

Musik, sekali lagi menjadi elemen penting dalam kehidupan ini. Mendengarkan sekalipun memainkannya, musik mampu menjadi media multi disiplin terhadap mental dan fisik manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s