Contoh Dokumen Pengadaan Barang dan Konstruksi berdasarkan Perpres 4/2015


CDP  Sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan ke 4 Perpres Nomor 54 Tahun 2010, salah satu pertanyaan yang paling sering muncul adalah “Bagaimana dengan dokumen pengadaan yang sudah ada saat ini, apakah harus menyesuaikan atau tidak?”

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah memang harus ada perubahan terhadap dokumen pengadaan yang ada karena banyak perubahan yang terjadi pada Perpres ini.

Namun perlu juga diingat, bahwa roda perubahan peraturan ini masih terus bergulir. Perpres masih harus diturunkan lagi dalam bentuk Perka LKPP dan hingga saat tulisan ini dipublikasikan, Perka terkait masih belum ada.

Sehubungan dengan hal tersebut dan untuk mengisi sementara kekosongan aturan, maka saya mencoba mendesain 2 contoh dokumen pengadaan yang dapat digunakan dalam proses pelelangan dalam waktu dekat.

Beberapa catatan saya adalah:

  1. Dokumen ini tidak “bernama” Standar Dokumen Pengadaan” atau SBD, karena yang berhak mengeluarkan standar adalah LKPP, sehingga saya beri nama “Contoh Dokumen Pengadaan” atau CDP. Ini merupakan perwujudan Perka LKPP 15/2012 yang membolehkan penyesuaian terhadap SDP asal tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.
  2. Dokumen ini bukan dokumen resmi dari LKPP, jadi pilihan menggunakan atau tidak ada pada pembaca. Silakan dimodifikasi, ditambah, dihapus, sesuai dengan kebutuhan.
  3. CDP ini masih merujuk kepada SPSE Versi 3.5 sehingga ada beberapa klausul masih tetap muncul dan beberapa permasalahan masih harus menunggu SPSE Versi 3.6 misalnya lelang tidak gagal apabila yang memasukkan kurang dari 3. Pada dokumen ini sudah memasukkan klausul tersebut, namun di lapangan masih harus menunggu SPSE Versi 3.6.
  4. Dokumen ini masih merujuk kepada E-Tendering Jalur Lambat. E-Tendering jalur cepat, yaitu yang menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) nantinya tidak memerlukan dokumen pengadaan lagi, karena seluruh dokumen sudah ada pada sistem. Demikian juga dengan SPSE Versi 4.0, dimana dokumen pengadaan sudah menjadi bagian SPSE.
  5. Khusus CDP Pekerjaan Konstruksi, saya mencoba menggabungkan beberapa aturan terbaru, termasuk Permen PU Nomor 7 Tahun 2014 yang merupakan perubahan kedua Permen PU Nomor 7 Tahun 2011, sehingga banyak klausul-klausul di dalamnya akan berbeda dengan SBD/SDP yang dikeluarkan oleh LKPP.
  6. Jangan lupa menghapus halaman pertama (halaman judul) dan halaman kedua (halaman disclaimer) pada saat menggunakan CDP ini.
  7. Dalam dokumen ini ada font yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna biru. Bagian-bagian ini yang harus dihapus dan/atau diperhatikan dengan seksama karena harus disesuaikan dengan sifat dan jenis pengadaan.

Akhir kata, produk ini masih amat jauh dari kesempurnaan, sehingga dapat dipastikan akan ada banyak kesalahan di dalamnya.

Untuk itu saya mohon maaf dan terbuka terhadap setiap masukan yang membangun.

Silakan mengunduh dokumen tersebut pada tautan di bawah ini:

 sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s