Cara Melakukan Downgrade IOS


Seperti yang kita ketahui kalau Apple rajin sekali memberikan upgrade iOS untuk perangkat produksinya. Semua itu Apple lakukan tidak lain untuk memberikan kepuasan kepada seluruh konsumennya. Karena yang namanya upgrade pastilah sebuah penyempurnaan dari versi sebelumnya. Namun kadangkala beberapa pengguna malah mengalami masalah pada perangkat mereka setelah melakukan upgrade. Seperti warna layar yang tidak sepurna, wifi yang tidak mau menyala, tidak bisa mendapat sinyal dan lain sebagainya. Untuk itu pihak Apple terkadang juga masih memberikan toleransi dengan membuka jalur download untuk iOS versi sebelumnya setelah merilis iOS versi terbaru mereka. Sehingga para pengguna masih bisa melakukan downgrade kembali ke versi iOS sebelumnya jika terjadi masalah pada perangkat setelah melakukan upgrade. Namun tidak ada yang tahu berapa lama jalur download itu dibuka oleh pihak Apple. Jadi bila perangkat kalian bermasalah setelah melakukan upgrade, tidak ada salahnya untuk melakukan downgrade ke versi sebelumnya.
Sebelum melakukan downgrade, sebaiknya kalian pastikan dulu apakah jalur download untuk firmware iOS versi sebelumnya masih dibuka oleh pihak Apple atau sudah ditutup di laman ipsw.me.
Cara memastikannya bula laman ipws.me lalu pilih jenis perangkat kalian kemudian sorot bagian iOS version. Jika versi iOS masih berwarna hijau, berarti kalian masih bisa melakukan downgrade ke versi iOS tersebut.
Selain itu kalian juga bisa memastikannya dengan menggunakan sebuah software yang bernama F0recast yang bisa kalian download disini.
Jika kalian telah memastikan kalau iOS versi sebelumnya masih tersedia, adapunlangkah untuk melakukan downgrade iOS adalah sebagai berikut :

  1. Download versi iOS yang akan kalian instal di laman ipws.me
  2. Matikan fitur Find My iPhone dan Passcode lock di perangkat kalian jika sebelumnya aktif.
  3. Hubungkan perangkat kalian dengan komputer yang telah terinstal iTunes sebelumnya dengan kabel data. Download iTunes disini.
  4. Pastikan komputer kalian memiliki jaringan internet yang stabil dan memadai.
  5. Lakukan Backup data terlebih dahulu jika memungkinkan.
  6. Tekan ikon iPhone atau iPad disisi kanan atas iTunes. Masuk ke tab summary disisi kiri atas layar.
  7. Tekan dan tahan tombol shift di keyboard dan tombol Restore iPhone di iTunes.
  8. Jendela Finder akan tampil di layar untuk mencari file .ipsw yang sudah kalian unduh. Pilih file tersebut dan mulai proses downgrade.
  9. Setelah selesai, pilih Restore from Backup untuk mengembalikan semua data dan pengaturan kalian ke perangkat yang sudah turun ke iOS sebelumnya.
Begitulah kira-kira cara untuk melakukan downgrade iOS ke versi sebelumnya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s